Penyakit Herpes Pada Manusia

Penyakit Herpes pada manusia adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit ini ditandai dengan adnaya bintil-bintil berair dibagian kulit yang terasa sangat gatal. Bintil-bintil penyakit ini bisa menyerang seluruh tubuh atau didaerah sekitar alat kelamin. Saat ini dikenal dua macam penyakit herpes yaitu herpes yang menyerang kulit dan herpes yang menyerang kelamin. Herpes kulit bisa menyerang seluruh permukaan kulit tubuh dan herpes kelamin pada umumnya menyerang didaerah sekitar alat kelamin manusia. Penyebaran virus ini biasanya lewat hubungan seksual, pakaian, keringat dan dari lingkungan yang tidak sehat. Virus herpes adalah suatu virus DNA dengan ukuran diameter 180 mm dan mempunyai icosahedralcapsid dengan 162 capsomer yang dilingkari envelop yang terdiri atas zat lemak (lipid).

Penyakit Herpes Pada Manusia

Penyakit Herpes Pada Manusia

Manifestasi klinis dari penyakit herpes pada manusia ini adalah :

  1. Kelainan dasa, timbul bercak kulit mengelompok kecil-kecil melepuh dengan dasar kulit kemerahan (eritematosus) yang nyeri.
  2. Lesi herpes timbul pada bibir, sekitar mulut, kulit wajah, daerah kelamin, kulit pinggul, dan daerah sekitar mata.
  3. Lesi kulit daerah kelamin sering menjadi masalah pada penyakit kelamin.
  4. Lesi pada kornea mata merupakan jenis penyakit herpes yang berat.
  5. Kjadian infeksi virus herpes dirangsang oleh beberapa faktor (trigger factor) seperti : demam, terik matahari, trauma (misalnya pinggiran gigi yang tajam, melukai pinggiran gusi dan bibir), ovulasi, kecapaian habus bersenggama, gangguan saluran cerna

Penyakit herpes pada manusia pada alat kelamin (herpes genital) pada perempuan herpes mengenai daerah vulva, vagina dan cervix.

  1. Kelainan kulit disertai dengan demam
  2. Nyeri waktu buang air kecil
  3. Keputihan
  4. Pembesaran kelenjar limpe lipat paha
  5. Nyeri pada alat kelamin

Pernah dilaporkan penyakit herpes padan manusia yang berat berupa radang rectum pada penderita homoseksual lelaki. Karena permainan seks sudah berbagai variasi, maka penyakit herpes bisa kemulut dan anus. Herpes non genital adalah herpes yang terjadi pada mulut. Keluhan dan lesi seperti herpes pada cervix atau leher rahim. Herpes mengenai gisi dan rongga mulut. Hal ini lebih sering terjadi pada anak-anak mmeskipun mungkin saja mengenai usia lanjut. Lesi mulut biasanya disebabkan HSV-2 mungkin karena permainan seks yang akhir-akhir unu melakukan oral-anal seks. Herpes pada mata, lesi bermula dari peradangan selaput putih mata (conjunctivis) yang terasa nyeri disertai pembesaran kelenjar limpe depan telinga. Herpes pada mata berlanjut menjadi radang keratin mata (keratitis) yang seringnya sebelah mata. Meskipun bisa kedua mata pada 6% penderita herpes pada mata.

Penyakit herpes pada manusia memang belum ada obat yang bisa menyembuhkannya sampai tuntas, namn beberapa penggunaan obat antivirus sudah terbukti dengan efektif bisa membantu melawan terjadinya serangan penyakit herpes. Dan semua obat ini biasanya mempunyai fungsi kerja untuk menghambat sintesis dari DNA virusnya. Biasanya obat ini mempunyai manfaat untuk menghambat terjadinya perkembangbiakan pada virus herpes. Dan walaupun demikian, penyakit herpes sifatnya adalah laten atau istirahat sementara, dan jika pemicu dari munculnya penyakit herpes ini datang ditambah dengan kondisi kesehatan yang menurun dan sistem imun tubuh sedang tidak stabil maka virus ini akan berkembang lagi. Salah satu obat herpes yang membantu cara mengobati herpes biasa digunakan adalah asiklovir. Cara mengobati herpes menggunakan asiklovir ini sudah digunakan sejak lama. Biasanya obat asiklovir initerbuat dalam bentuk topikal, intravena, dan juga oral yang semuanya mempunyai manfaat untuk membant mengobati infeksi primer yang terjadi.

Selain dengan menggunakan asiklovir dalam cara mengobati herpes, khususnya herpes simpleks, ada cara mengobati herpes alami yang bisa Anda lakukan. Cara mengobati herpes tradisional bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa hal dibawa ini :

  1. Mengobati menggunakan herpes dengan es
    Es merupakan slah satu obat alami yang bisa membantu untuk mengatasi penyakit herpes. Caranya adalah gunakan es yang ditaruh pada kulit yang sudah terkena virus selama kurang lebih beberapa menit dan hal ini diulangi setiap jamnya.
  2. Penggunaan teh hijau
    Cara mengobati herpes menggunakan teh hijau kantong atau teh hijau celup pada daerah yang mengalami luka herpes selama kurang lebih beberapa menit. Dan hal ini dilakukan setiap jamnya. Anda juga bisa menekan kantong teh hangat tadi pada bagian yang mengalami infeksi selama kurang lebih 30 menit.
  3. Gel lidah buaya
    Menggunakan gel lidah buaya yang ditempelkan pada daerah yang mengalami infeksi herpes. Manfaat dari lidah buaya ini adalah untuk mendinginkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Selain menggunakan gel lidah buaya, Anda bisa juga menggunakan ekstrak minyak lidah buaya.

Untuk penderita herpes, sebaiknya cara mengobati herpes di dukung dengan cara menghindari jenis makanan yang berlemak dan makanan yang mengandung garam tinggi. Perlunya pembatasan dalam asupan makanan seperti cokelat, biji, oatmeal, dan juga roti gandum perlu dilakukan.

Penyakit Herpes Pada Manusia


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Herpes and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *